Sunday, April 17, 2016

Tips Menggemaskan Untuk Memilih Platfom Blog Gratis Atau Berbayar

Selamat malam menuju pagi teman-teman paras, semoga semakin hari semakin semangat yah!. Berikut ini kita akan membahas platform blog, yang dari sekian banyak saya kerucutkan menjadi 6 pilihan agar kita dapat dengan mudah memilih platform blog idaman kita.

Berikut platform blog yang akan kita bahas!



WordPress.com (gratis, host oleh Wordpress): WordPress.com adalah platform blogging gratis yang menyediakan kostumisasi atau penyesuaian yang terbatas dengan  template gratis yang  dapat teman-tenam download untuk tampilan blog. Wordpress akan mudah di pelajari dan lagi menyediakan fitur-fitur otomatis seperti spam blokir plug-in (Akismet), ping otomatis dan banyak lagi. Di sisi negatifnya, akun WordPress.com gratis tidak mengizinkan iklan apapun di blog, sehingga menempatkan iklan bukan lah pilihan lagi.

WordPress.org (berbayar, memerlukan third-party Host): WordPress.org menawarkan platform blogging gratis, tetapi pengguna harus membayar untuk menjadi tuan rumah blog mereka melalui sejumlah situs web pihak ketiga seperti BlueHost, Hostgator atau menggunakan web hosting gratis. WordPress.org adalah pilihan yang cocok bagi blogger yang sudah mengerti teknik dan yang membutuhkan kostumisasi lanjutan. Pengaplikasiannya pun sama dengan WordPress.com, dengan pilihanan kostumisasi tanpa batas membuatnya sangat populer di kalangan para blogger bisnis dan banyak lagi.

Blogger: Blogger = mudah. Banyak blogger pemula seperti saya  memilih untuk memulai blog pertama mereka  dengan Blogger karena gratis, sangat mudah digunakan, dan memungkinkan iklan untuk membantu menghasilkan uang dari blog. Kelemahan dari Blogger adalah rentan padam atau dengan kata lain interface blog terkadang tidak terbuka utuh, sehingga kita mungkin tidak selalu dapat mengakses blog ketika kita menginginkannya.

TypePad : sangat mudah untuk digunakan, tapi ada tapinya yaitu tidaklah gratis. Selain itu tidak membutuhkan third-party host seperti WordPress.org.  TypePad memberikan fitur yang sangat baik dan memberikan kostumisasi tingkat tinggi, tanpa pengetahuan teknis pilihan software dapat disesuaikan blogging lain.


Movable Type adalah sebuah blogging platform yang hebat, tetapi membutuhkan penggunanya untuk mendapatkan lisensi yang menurut saya sangat mahal. Proses instalasi yang rumit dan fitur tidak sebanyak blogging platform lainnya. Banyak yang menyukai Mov
able Type dikarenakan dapat mensupport lebih dari satu blog tanpa harus menginstal aplikasinya lagi.



Tumblr memberikan penggunanya kelebihan dalam mempubikasikan gambar, quotes, link, video, audio dan chat secara cepat. Pengguna dapat dengan mudah berbagi dan reblog postingan Tumblr pengguna lain.  Tumblr bebas, tetapi tidak kuat sebagai aplikasi blogging lainnya


Jadi...

Jika teman-teman menyukai platform blogging yang gratis dan dapat memberikan ruang untuk mendapatkan uang, sebaiknya memilih blogger. Apabila monetasi atau uang tidak begitu berarti pilihlah saya, eh maksudnya Wordpress.com yang sudah pastinya pilihan yang baik.

Jika teman-teman menyukai mengotak-atik blog, sehingga menjadi lebih menarik dan menyukai tantangan pilihlah Worpress.org, karena memberikan kostumisasi secara penuh dengan fitur terdepan.

Jika (terakhir nih) teman-teman tidak mementingkan fitur tetapi lebih memilih hanya untuk menerbitkan quotes atau kutipan, gambar dan video tanpa embel-embel, Tumblr adalah pilihan yang baik.


Nah, pilih siapa hayoo!, menurut saya memilih blog platform seperti memilih baju untuk kegiatan, seperti baju renang untuk berenang ( emang paku baju ya?), tuxedo jika pergi ke pesta, dan kemeja untuk berpergian. So, sekian dulu yah teman sampai berjumpa di postingan lainnya. salam hangat dan berkeringat. Ciaooo...


1 comment: