Sunday, April 17, 2016

Perbandingan Top 3 Blog Platform Gratis

Blogging adalah salah satu cara yang paling efektif untuk bisnis sekala besar atau kecil untuk menghasilkan arah baru. Ada banyak kisah sukses pengusaha dan bisnis yang mengubah ide-ide mereka ke jutaan dolar perusahaan melalui blogging.  Bagian yang terbaik adalah bahwa siapa pun dapat memulai blog secara gratis. 

Terdapat puluhan situs blogging gratis, tetapi tidak semua platform diciptakan sama dan beberapa menawarkan kesempatan yang lebih baik untuk pertumbuhan dan me-monetisasi blog. beberapa di antaranya adalah Wordpress, Blogger dan Tumblr, tiga platform ini memberikan pilihan yang baik tapi mana yang terbaik?.

Tanpa basa basi lagi mari kita simak perbandingan top 3 blog platform gratis.


Bagan Perbandingan 
Top 3 Blog Platform Gratis
 

Wordpress.com

Seberapa Menariknya WordPress.com ? Yah, 1 dari 6 website di dunia berjalan di atasnya, sehingga blogging platform yang paling populer. WordPress bekerja untuk semua orang dari amatir blogger  untuk bisnis skala besar terutama karena menawarkan berbagai macam pembayaran (opsional) dan gratis kustom tema dan plugin. Hal ini membuat pengguna WordPress sangat fleksibel, ramah, dan SEO-friendly. Menurut pendapat saya, WordPress adalah perangkat lunak blog terbaik yang tersedia.  

Kelebihan :
  • Fleksibilitas. Teman dapat menjalankan semuanya di WordPress, mulai dari makanan, blog e-commerce, toko online yang menjual produk, hadiah atau perhiasan.
  • Harga. Software WordPress gratis dan Teman hanya membayar biaya server dan domain. 
  • Keandalan. WordPress memiliki sebuah tim yang terus-menerus memperbarui dengan software dan keamanannya.
  • Beragam dan kustomisasi. WordPress adalah software open source, sehingga mendorong pengembang untuk membangun ribuan kustom tema dan plugin. Karena ini, WordPress hampir sepenuhnya bisa disesuaikan.
Kekurangan :
  • Hosting. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari WordPress dan fiturnya, Anda harus meng-host pada server Teman. Ini akan menambah biaya untuk domain dan hosting, tetapi jika Anda berencana untuk membuat uang secara online sebagai blogger atau freelancer, meng-host sendiri di WordPress bisa menjadi investasi jangka panjang.
  • Coding. Kadang-kadang kustomisasi menuntut sedikit coding.
Jika Anda ingin memulai sebuah blog dengan desain yang kinclong, profesional. WordPress menawarkan kombinasi terbaik. Hanya ingat bahwa, untuk benar-benar membuat uang online sebagai seorang blogger, teman harus membeli hosting dan membuat host sendiri di WordPress blog.

Blogger.com
Salah satu dari platform blogging pertama, Blogger sebelumnya dikenal sebagai BlogSpot. Blogger yang saya pilih sebagai platform gratis saya mengapa? nanti kita bahas ya :D. Lanjut, layanan ini dimiliki oleh Google paling populer di kalangan blogger yang menulis atau berbagi secara online untuk bersenang-senang. Blogger terkenal kemudahannya dalam mengoprasikan alat/tools dalam blog.

Kelebihan :
  • Stabilitas. Blogger.com telah cukup lama dikenal akan kestabilannya, apa lagi dengan dukungan si mbah Google.
  • Monetisasi. Membuat uang melalui Google AdSense, siapa yang butuh uang sih?. Dengan mengikuti peraturan google menghasilkan pundi uang menjadi tidak masalah.
  • Kesederhanaan. Platform yang sangat sederhana untuk dipahami, bahkan untuk pemula tanpa pengalaman. 
 Kekurangan :
  • Tidak ada kustomisasi. Apa yang teman lihat adalah apa yang teman dapatkan, dan kita tidak dapat menyesuaikan Blogger bahkan jika Anda mengubah kode pendukungnya. Hal ini juga sulit untuk mengatur blog dengan nama domain kita sendiri.
  • Kurangnya Style. Tema dan desain di Blogger yang terbatas, dan tidak ada plugin untuk fungsi tambahan.
Jika teman-teman mencari sebuah platform untuk berbagi pikiran secara tertulis tetapi tidak ingin membayar untuk fleksibilitas hosting blog, saya sarankan Blogger.com. Ini adalah salah satu yang situs blogging gratis terbaik untuk blogger yang santai dan Anda akan memiliki blog setup dalam waktu 15 menit. Seperti yang teman-teman lihat banyak pemula yang mengambil blogger karena 3 kelebihan di atas dan mengabaikan kekurangannya. Saran saya sebaiknya memilih blogger, karena saya sendiri merasakan ke-simpelan dan kemudahan blogger.

Tumblr.com
Pengguna Tumblr berbagi konten yang sebagian besar visua, Gambar, video, link, dan infographics. akun Tumblr sangat ideal untuk pengguna yang memulai posting secara langsung, tetapi tidak berkomitmen untuk sebuah proyek penuh waktu.

Kelebihan :
  • Mudah untuk memulai dan me-posting. Anda dapat memulai sebuah blog Tumblr dalam kurang dari 5 menit, dan semua yang harus kita lakukan untuk menerbitkan sesuatu dengan memilih jenis jadi (gambar, video, link, atau teks), memasukkan konten Anda dan klik "Publish".
  • Multiply Blog Managemen.  Dengan Panel kontrol dasar Tumblr's kita dapat membuat dan mengelola beberapa blog.
  • Pilihan Tema. Tumblr memiliki beberapa tema indah yang bisa kita gunakan.
  • Mobile Friendly. Tumblr blogging platform mendukung aplikasi khusus yang mobile-friendly melalui smartphone, mendukung keinginan seorang blogger untuk posting on-the-go menggunakan SMS, email, atau pesan audio. 
Kekurangan :
  • Tidak Dioptimalkan Untuk Teks atau Tulisan. Tumblr di desain memang untuk visual dengan blogging menggunakan banyak tulisan atau teks tidak dianjurkan. Jika Anda tertarik dalam membangun sebuah situs web lalu lintas tinggi yang berfokus pada konten tertulis, Tumblr harus menjadi pilihan terakhir. Jika tidak, Tumblr dapat menjadi pilihan yang baik untuk sebuah blog humor yang memanfaatkan meme, gambar atau video.
  • Keamanan. Tumblr kurang baik dalam plugin anti virus. Hal ini dapat mengakibatkan lambatnya halamann atau situs rawan akan hack. 
Tumblr menjadi pilihan terbaik bagi teman-teman yang menyukai atau mempunyai spesialisasi dalam visual ( photography, humor, seni dan lain-lain) dan tidak ada ketertarikan untuk terlihat profesional.

saat ketika membandingkanWordPress, Blogger, dan Tumblr, WordPress memang  menyediakan software dengan nilai terbaik. Tetapi dengan kekurang dan kelebihan-nya Blogger bisa menjadi pilihan yang baik. Di lain sisi Tumblr menjadi alternatif yang baik untuk teman-teman yang menyukai visual. 

Dari pengalaman saya di internet tidak ada yang namanya benar-benar gratis pasti ada selalu "tapi", nah loh. Intinya jangan khawatir selama teman-teman mau mencoba saya rela. Eh maksud saya, rela untuk tetap setia memberikan informasi yang semoga bermanfaat.

oke sekian dulu teman-teman paras. Salam Hangat dan penuh Keringat. Ciaooo...

1 comment: