Monday, April 18, 2016

Apa Perbedaan Modem Dan Router

Haloo, teman-teman paras, kemarin saya mendengar percakapan panjang antara konsumen dengan penjual toko elektronik, intinya si konsumen menanyakan perbedaan modem dan router. Kebetulan saya pun kurang mengerti pada saat itu tapi setelah mencoba memahami akhirnya mengerti juga.

Bagaimana Modem dan Router terhubung




Secara fisik modem dan router tampak seperti sama atau mirip tapi itu tidak berarti juga loh, bahwa mirip juga fungsi dan cara beroperasi-nya. Ada banyak perbedaan antara modem dan router.
Perbedaan utama antara modem dan router adalah bahwa modem merupakan perangkat yang memodulasi sinyal untuk mengkodekan informasi digital dan membawa sinyal untuk men-decode informasi yang dikirimkan. Di sisi lain, router itu merupkan perangkat jaringan paket data antara jaringan komputer.

Modem
Modem merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui telepon, line kabel dan layanan dari penyedia jasa telekomunikasi lainnya.. Tujuan dari modem adalah untuk menghasilkan sinyal yang dapat ditularkan (kaya penyakit) secara cepat dan mudah dan diterjemahkan untuk mereproduksi data digital. Modem dapat digunakan dengan cara apapun  seperti transmisi sinyal analog, dari dioda (LED)-radio yang memancarkan cahaya. Seara umum jenis modem adalah salah satu yang merubah data digital komputer menjadi modulasi sinyal listrik untuk transmisi melalui saluran telepon dan demodulated oleh lain modem di sisi penerima untuk memulihkan digital data.

Router
Perute atau penghala (bahasa Inggris: router) adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan. Proses penghalaan terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI. Bila paket data datang pada salah satu jalur, router membaca informasi alamat di paket untuk menentukan tujuan utama. Kemudian menggunakan informasi dalam tabel routing, ini mengarahkan paket untuk pekerjaan berikutnya pada perjalanannya. Hal ini menciptakan internetwork overlay. Router melakukan fungsi 'mengarahkan lalu lintas' di internet. Paket data biasanya diteruskan dari satu router lain melalui jaringan yang merupakan internetwork hingga mencapai titik tujuan Nya. Jenis yang paling umum dari router adalah router rumah dan kantor kecil yang hanya melewatkan data seperti halaman web, email, pesan instan, dan video antara komputer dan internet.

Jadi, perbedaannya adalah sebagai berikut.
  • Lapisan/layer modem adalah data link lapisan (layer 2), sementara router lapisan adalah jaringan lapisan (layer 3 perangkat).
  • Modem berisi dua Port: satu untuk koneksi ke penyedia layanan internet (ISP) dan yang lain adalah untuk terhubung dengan router untuk jaringan besar. 
  • Router memiliki 2, 4 atau 8 Port.     
  • Modem adalah perangkat jaringan antar sementara router adalah sebuah alat jaringan sederhana.
  • Modem dapat terhubung ke komputer menggunakan Ethernet port sementara router dapat menghubungkan beberapa komputer atau jaringan perangkat meskipun itu Ethernet atau Wi-Fi.     
  • Modem dapat bekerja tanpa router sementara router dapat mengirimkan informasi antara komputer tetapi tidak dapat terhubung ke internet tanpa modem.     
  • Modem tidak menyediakan langkah-langkah untuk keamanan, sementara router menyediakan langkah-langkah keamanan untuk melindungi jaringan.
Kebayang kan perbedaannya.semoga menjadi manfaat yaa. Salam hangat parastrick. Ciaoo.

1 comment: