Saturday, April 16, 2016

Apa Sih Blog Itu ?

Apa sih blog itu ? dulu saya sering bertanya dan mencari jawaban di internet, awalnya saya pikir blog seperti diari digital atau website abal-abal. Ternyata anggapan saya tidaklah salah, karena blog banyak sekali jenis dan kegunaannya, ya seperti yang saya bilang tadi. Tapi tidak semua blog seperti itu dan banyak sekali kegunaan blog tersebut, sebelumnya mari kita mengenal dulu apa sih blog itu?.

Apa Itu Blog?  blog adalah situs web di mana item yang diposting secara teratur dan ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik. Istilah blog adalah bentuk log web atau weblog. Memelihara blog atau menambahkan artikel ke blog yang sudah ada yang disebut "blog". Artikel Inividu tentang sebuah blog disebut "posting blog," "posts" atau "entries". Orang yang posting entri ini disebut "blogger". Blog ini terdiri dari teks, hypertext, Gambar, dan link (ke halaman web lainnya dan untuk video, audio dan file lainnya). Blogs dari menggunakan gaya percakapan doku
mentasi. Sering blogs fokus pada "bagian menarik", kejadian politik tertentu. Beberapa blog membahas pengalaman pribadi. SUMBER

Singkatnya blog itu adalah sebuah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar  atau dimuat dalam posting  pada setiap halaman web. Kalau kita berkunjung ke Wikipedia dan mencari tahu tentang definisi website, maka kita akan menemukan yang ternyata blog termasuk tipe dari website. Blog ternyata singkatan dari Web Log yang intinya merupakan website yang difungsikan sebagai buku harian online, postingan-nya sendiri biasanya tentang topik tertentu.

Blog biasanya digunakan untuk menulis curhatan, cerita, pengalaman, ilmu pengetahuan atau pendapat pribadi agar dapat di baca orang di seluruh penjuru dunia. Temanya sangatlah bebas, apa pun itu, apakah itu benar atau salah? apakah itu dibutuhkan orang atau tidak? itu semua tergantung kepada sang penulis.

Terus apa manfaat dari blog ?  manfaat blog cukup banyak, dari mulai si penulis sampai pembaca. Seperti mengekspresikan diri, belajar menulis, menjadi jurnalis pokoknya masih banyak manfaatnya. Blog merupakan buah karya karena berasal dari pemikiran, karena kebanyakan penulis menuliskan pengalaman yang dia peroleh. Loh klo gitu isi blog itu ga bisa dipercaya dong ? sebenarnya banyak penulis blog menulis sebuah isi postingan yang sudah dia coba melalui try and error dan biasanya dia memberikan solusinya. Jadi, cuma itu manfaat blog bro ? seperti yang saya bilang masih banyak loh bro manfaatnya, oke beberapa manfaat lainya seperti membuat bisnis online, membuat grup, sampai memcari uang.

Mulai tertarik membuat blog ? membuat blog tidak lah sulit, ikuti 4 langkah mudah membuat blog, teman-teman dapat membacanya. Jika saya teruskan untuk membuat kelanjutan membuat blog di postingan ini mata teman-teman bisa jereng nanti. Jadi istirahatkan mata anda sejenak dan berfikir apa benar saya tertarik membuat blog atau saya berani membuat blog. So, andai teman-teman berani membuat blog klik ini 4 langkah mudah membuat blog.

Sekian dulu teman-teman semoga bermanfaat, salam hangat plus semangat. Ciaooo...





1 comment: